Skip to main content

materi belajar skripsi bab 2

2.1 Manajemen
2.1.1 Pengertian manajemen
Melalui pendapat beberapa ahli ( simmamora dalam yoscar 2017, stoner dalam Zakky 2018, drucker dalam solihin 2017) Definisi manajemen diartikan sebagai proses untuk pengendalian dan pengelolaan sumber daya dalam hal mencapai target perusahaan.

2.1.2 Fungsi manajemen
fungsi manajemen menurut juliansyah 2013 ;
1. perencanaan
adalah memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan sumber yang dimiliki dan dilakukan untuk menentukan tujuan perusahaan secara keseluruhan.
2. pengorganisasian
pengorganisasian dapat dilakukan dengan cara menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang mengerjakan, bagaimana tugas dikelompokan, siapa yang bertanggungjawab, dan bagaimana keputusan diambil.
3. pengarahan
pengarahan adalah suatu tindakan mengusahakan agar semua anggota kelompok berusaha agar dapat mencapai sasaran sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.
4.pengawasan
melalui pengawasan, manager harus mengevaluasi dan menilai pekerjaan2 yang dilakukan bawahannya untuk mengetahui apakah pekwrjaan dilakukan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan atau tidak.

2.1.3 proses manajemen
Proses manajemen mencakup kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. semua manajer tingkat mempunyai peranan yang sama dan penting dalam perusahaan.

2.2 Inovasi
pengertian inovasi adalah pengenalan dan penerapan dengan sengaja gagasan, proses, produk, dan prosedur yang baru pada unit yang menerapkannya, yang dirancang untuk memberikan keuntungan bagi individu, organisasi dan masyarakat luas.

manajemen inovasi menurut vincent (2016) adalah disimplin ilmu yang berkaitan dengan pengelolaan inovasi dalam proses-proses produk dan pelayanan, organisasi sampai pelanggan dan pasar.

2.2.3 ciri-ciri inovasi
Menurut pahlevi ciri-ciri inovasi (2018)
1. khas
2. baru
3. terencana
4. memiliki tujuan

2.3 minat beli
minat beli ulang mencerminkan tingkat kepuasan tinggi dari konsumen ketika membeli sebuah produk. minat beli seringkali dikaitkan dengan loyalitas. Minat beli dapat ditingkatkan dengam memperhatikan beberapa faktor,antara lain :
1. faktor psikis
2. faktor sosial

2.4 Customer Experience
menurut pranoto (2015) experience adalah peristiwa pribadi yang terjadi sebagai jawaban atas beberapa rangsangan. dalam hal ini customer experience dapat diartikan sebagai pengalaman yang dirasakan konsumen dari sebeelum membeli atau menggunakan sebuah produk maupun jasa dan pengalaman sesudahnya.
ada 5 dimensi customer experience antara lain : sense ( sense sebagai pembeda, pendorong dab penyedia nilai), feel, think, act, relate).

2.5 customer experience index
menurut babbie (2009) index adalah suatu tipe pengukuran yang merangkum dan meranking beberapa observasi yang spesifik dan menampilkan kembali dalam suatu bentuk dimensi yang lebih umum.

customer experience index terdiri dari ; environment, benefits, convience, accesibility, utility,  dan incentive.

2.6 experience quality scale
merupakan penilaian yang dirasakan konsumen tentang keunggulan atau seperioritas dari pengalaman yang didapatkan oleh konsumen. experience quality scale terdiri dari dimensi peace of mind, moments of truth, result focus dan product experience.

2.7 model penelitian

gambar

2.8 Hipotesis penelitian
Hipotesis menurut Sugiyono (2013) merupakan jawaban sementara terhadapt rumusan masalah penelitian. 

Comments